Saturday 12 April 2008

Hari-hari Pangcil di Rumah Sakit

4 April 2008
Seorang bayi perempuan lahir melalui proses caesar. Bayi tersebut diberi nama Emmanuela Hana Iswandy. Ia dilahirkan di Westpfalz Klinikum Kaiserslautern. Ketika lahir, ia berwarna merah jambu dengan berat 3.03 kg, panjang 49cm dan lingkar kepala 33.7cm.
Saat Mama masih berada di ruang operasi, Hana diserahkan untuk digendong Papa. Hana keliatan sangat lucu. Dia membawa kegembiraan dalam hati Papa.



5 April 2008

Hana masih belum bisa diberi minum susu oleh Mama, karena ASI Mama belum keluar. Meskipun demikian Hana tetap harus disusui untuk menstimulasi ASI Mama supaya keluar. Hana juga harus belajar bagaimana menghisap ASI dari Mama. Mama juga harus belajar bagaimana cara menyusui. Dalam proses belajar ini, payudara Mama sampai terluka dan berdarah. Kata Mama Hana menghisapnya kuat. Papa sangat senang mengendong Hana, lucu rasanya seperti menggendong buntalan kecil.

6 April 2008
Pada malam hari ketiga, ASI Mama mulai keluar walaupun masih sedikit dan mungkin tidak cukup buat Hana. Tapi Hana harus tetap terus disusui agar ASI Mama menjadi lebih banyak.
Sekarang ini Hana baru bisa menyusu dari payudara Mama sebelah kanan saja.





7 April 2008

Hana terlihat lebih kurus tapi tetap lucu seperti biasa.
Karena ASI Mama yang masih sedikit, Hana gampang ketiduran kalo menyusu ke Mama. Karena itu, selain menyusui Hana, Mama juga harus memompa ASI untuk stimulasi produksi ASI.





8 April 2008
Hari ini Hana ada jadwal untuk U2. Warna mata Hana masih sedikit kuning tapi kata dokter hal ini normal untuk newborn baby. Selain itu kotoran mata Hana juga agak kuning kecoklatan tapi dari hasil lab juga dibilang tidak ada virus atau infeksi.
Om Wendy, Tante Dessy dan baby Keenan datang berkunjung. Om Wendy sempat memotret Hana bersama Keenan.
9 April 2008
Mama masih sibuk dengan breastfeeding dan memompa ASI. Hasil asi perahnya nya masih sedikit dan Hana juga masih gampang tertidur karena kelelahan kalo disusui.
Kadang Papa bantu Mama memberi Hana asi perah dan pre-energy. Senang sekali melihat Hana minum dari botol.








10 April 2008

Hana tampak manis sekali dengan baju pink. Hari ini Mama dan Hana boleh pulang dari rumah sakit. Sebelum pulang Mama mengganti baju Hana dan dibriefing oleh perawat anak.
Papa juga melapor ke kantor Administrasi untuk mengambil dokumen dan resep untuk pompa susu. Setelah itu Papa, Mama dan Hana pulang ke rumah.

Akhirnya..Hana di rumah bersama Papa dan Mama.

No comments: